Waspadai Pinjaman Online Ilegal! Begini Ciri-ciri Fintech yang Legal dan Terdaftar di OJK Indonesia

RUMAH BERSIH – Keberadaan pinjaman online saat ini menjadi pilihan nasabah ketika terdesak kebutuhan dana yang didapat dengan cara mudah dan praktis.

Dengan dibekali syarat yang mudah tanpa agunan, serta tanpa persyaratan dokumen yang rumit, keberadaan pinjaman onlien atau fintech jadi buruan nasabah saat ini.

Kini telah hadir sejumlah pinjaman online yang legal dan terdaftar di OJK Indonesai. Namun tetap patut diwaspadai ada banyak pinjaman online lainnya yang beroperasi ilegal bahkan tanpa pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang disebut sebagai pinjol ilegal.

Pinjaman ilegal seringkali menjerat bahkan membuat sengsara masyarakat yang biasanya dengan cara kerap menerapkan bunga dalam jumlah sangat tinggi, mengakses data nasabah, tenor yang tak sesuai perjanjian awal, hingga cara menagih yang tak beretika.

Dalam hal ini nasabah perlu menelaah terlebih dahulu terkait fintech mana yang hendak digunakan jasanya. Pastikan pinjol tersebut sudah resmi terdaftar di OJK agar nasabah dapat terlindungi secara hukum. Baik peminjam maupun yang dipinjami pun dapat melakukan transaksi dengan aman dan nyaman.

Dirangkum dari akun laman ojk.go.id Senin 10 Oktober 2022, ada sejumlah syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan, diantaranya:

1. Meneliti rinci seluruh informasi mengenai tagihannya. Seperti tenor (jangka waktu pelunasan) serta suku bunga yang ditetapkan. Termasuk persyaratan dan biaya potongan administrasi yang akan dibebankan pinjaman online kepada nasabah.

2. Biasanya lembaga pinjaman online yang terdaftar di OJK akan menetapkan jangka waktu pelunasan, suku bunga, cara menagih dan persyaratan lain dengan sewajarnya agar nasabah tidak akan dirugikan oleh penagihan yang tak sesuai tenor atau bunga yang membengkak.

3. Waspadai persyaratan jika terdapat kerancuan seperti meminta foto kartu kredit atau hal lainnya sebagai bagian dari persyaratan pengajuan. Pinjaman online OJK umumnya hanya akan meminta data slip gaji, KTP, foto diri dan beberapa dokumen pribadi lainnya untuk mendukung transaksi.

4. Pastikan nasabah menelusuri dan mengecek layanan customer service dari lembaga pinjaman online yang bersangkutan. Pinjaman online resmi akan menyediakan layanan kontak yang siap sedia dan mudah untuk dihubungi. Bahkan sampai layanan 24 jam.

5. Pastikan alamat kantor, hingga akun media sosialnya agar kamu dapat mudah menjangkau fintech tersebut jika sewaktu-waktu terjadi masalah atau kendala di luar prediksi kita selaku nasabah.

Dan yang lebih penting pastikan kebutuhan pinjaman online hanya diperlukan saat kebutuhan mendesak dan sesuai kebutuhan sewajarnya. Andaikata masih ada opsi lainnya, maka jadikan pinjaman online adalah pilihan terakhir.Semoga Bermanfaat.*

About Admin

Check Also

"Illustration of a golden key unlocking a mortgage rate chart, representing finding the top 10 refinancing rates for the best mortgage deals."

Top 10 Refinancing Rates Today: Your Guide to Finding the Best Mortgage Deals

RUMAHBERSIH.ID – Securing the top 10 refinancing rates today is a significant financial goal for …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *